Apa Saja Tanda Tanda Kehamilan ?

Impian menjadi ibu adalah hal yang paling banyak dicari para wanita . Bagi Anda yang sudah mengusahakan untuk hamil dan sedang menunggu momongan , perhatikan tanda tanda kehamilan agar tidak kaget nantinya . Untuk Anda yang butuh info tentang hal ini , berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang bisa di jadikan patokan .

nda kehamilan

Terlambat Haid : Jika Anda terlambat haid terlalu lama , ada kemungkinan sel telur Anda sudah dibuahi dan akan berkembang menjadi janin . Keterlambatan haid ini biasanya menjadi patokan awal sebagai tanda kehamilan . Tapi terlambat haid belum tentu pasti hamil , bisa saja ini terjadi karena hormone di tubuh tidak seimbang saat itu . Jika ingin pasti selalu cek ke dokter jika Anda terlambat haid .

Mudah Lelah : Tanda tanda kehamilan 1 bulan berikutnya adalah munculnya rasa mudah lelah . kelelahan umumnya meningkat karena meningkatnya kadar progesterone dalam tubuh , naiknya detak jantung dan perubahan metabolisme terjadi karena kehamilan . Jika kelelahan ini sering muncul , segeralah periksa ke dokter .

Sering Pusing : Rasa pusing dan berkunang-kunang bisa muncul jika Anda pada masa awal kehamilan . Pada masa transisi ini , pembulu darah akan menyempit dan tekanan darah menurun yang jika terjadi cepat akan menyebabkan pusing .

Muncul Bercak Darah : Bercak darah ini paling sering muncul dari area vagina padahal tidak haid . Anda sebaiknya jangan panik , langsung periksakan untuk mencari tahu kepastian kehamilan jika ini terjadi . Bercak tanda pasti hamil ini sebenarnya terjadi sebagai tanda sel telur yang sudah di buahi sudah menempel pada dinding rahim .

Sering Mual Dan Muntah : Mual dan muntah sering jadi patokan awal yang diketahui jika kehamilan terjadi . Rasa mual ini bisa menyerang pada pagi hari karena pengaruh asam lambung selama tidur . Untuk mencegah rasa mual ini sebaiknya Anda mengisi perut dengan sedikit makan agar mual mereda .

Nafsu Makan Menurun : Kadar hormone yang tidak seimbang di awal kehamilan dapat memicu penurunan nafsu makan . Walaupun begitu jangan sekali-kali menyerah terhadap tanda-tanda kehamilan ini . Walaupun Anda berselera , tetaplah makan jika sudah waktunya . Hal ini penting untuk kesehatan Anda sendiri dan juga kesehatan janin .

Konstipasi : Perubahan diarea rahim biasanya mempengaruhi kondisi pencernaan . Jika pengaruh ini parah , Anda biasanya akan mengalami kontipasi . Solusinya Anda harus perbanyak mengkonsumsi serat dan buah-buahan dan sayur .

Sering Buang Air Kecil : Sama seperti penyebab konstipasi , perubahan diarea rahim biasanya juga berpengaruh pada kantong kemih . Hal ini membuat para ibu di awal masa kehamilan jadi sering buang air kecil .

Terjadi Perubahan Pada Payudara : Perubahan hormonal pada awal kehamilan juga menyebabkan perubahan pada fisik seorang wanita . Salah satu perubahan ini adalah bentuk payudara yang lebih kencang , lebih padat , puting lebih menonjol dan berwarna gelap juga memiliki sensitivitas yang lebih tinggi .

Mood Swing : Hal ini bisa terjadi sebagai tanda awal kehamilan . Hal ini terjadi karena hormone dalam tubuh tidak seimbang dan memicu beberapa reaksi kimia di dalam otak . Reaksi kimia ini membuat perasaan menjadi tidak karuan dan terkadang berubah tiba-tiba .

Kram : Kram merupakan ciri ciri orang hamil ini biasanya terasa di area rahim dan sekitar perut . Kram ini bisa terjadi karena kontraksi kehamilan . Lama kram ini bisa beraktivitas mulai dari 5 hingga 20 menit . Jika terasa tidak tertahankan , Anda bisa konsultasi ke dokter untuk meminta obat pengurang rasa sakit .

Tanda kehamilan diatas biasanya terjadi secara bersamaan dengan terlambat haid . Jika terlambat haid tapi tidak ada tanda-tanda diatas , mungkin hal ini tanda siklus datang bulan Anda tidak teratur . Jika Anda ingin belajar tentang penyebab telat haid dan solusinya , di website ini sudah membahas tentang artikel tersebut .

Semoga artikel ini dapat berguna bagi Anda . Terima kasih sudah membaca .

Updated: Januari 11, 2019 — 8:41 am