Masa Subur Wanita Harus Dicermati Bagi Anda Yang Ingin Punya Anak

Sebagai Anda para calon ibu , sebaiknya Anda memahami masa subur wanita . Pemahaman ini tidak hanya penting bagi para calon ibu yang ingin cepat hamil tapi juga bagi para ibu yang ingin menghindari kehamilan untuk sementara . Secara sederhana , masa subur ini bisa dikatakan sebagai jangka waktu dimana rahim wanita lebih mudah menerima pembuahan . Mengetahui masa subur ini mungkin berbeda antara individu , tapi untungnya hal ini bisa di hitung .

Apa Itu Masa Subur Wanita ?

Masa subur ini secara kedokteran dinamai masa ovulasi , dimana ovarium akan melepaskan sel telur . Pada masa ini pembuahan sangat mudah terjadi karena sperma yang masuk lebih mudah bergerak untuk menjalankan tugasnya . Di luar masa subur ini , ovum belum matang atau berada jauh dari jangkauan sperma . Nah , karena hal inilah masa di luar subur ini , wanita jarang ada yang hamil .

Masa subur wanita ini terjadi selama beberapa hari setiap bulannya . Dalam satu bulan ini ada dua hal yang bisa terjadi . Sel telur mendapatkan sperma dan kehamilan terjadi atau masa subur telah lewat dan sel telur akan mati . Sel telur yang mati ini akan menimbulkan hal yang disebut dengan menstruasi .

Karena ada proses ini , Ada beberapa para wanita bisa memastikan sendiri apakah Anda mengalami kehamilan atau tidak . Proses memastikan ini bisa dengan memantau siklus menstruasi . Jika dalam jangka satu bulan atau lebih , Anda tidak datang bulan , ada kemungkinan Anda hamil .

Sayangnya terkadang hal ini tidak tepat . Bagi wanita yang memiliki siklus teratur , melihat apakah Anda hamil atau tidak lebih mudah daripada wanita yang siklus datang bulannya tidak pasti . Kondisi wanita yang tidak pasti datang bulannya juga lebih sulit ditentukan masa suburnya .

Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur ?

Masa subur wanita umumnya terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum menstruasi . Untuk mengetahui masa subur Anda , sebaiknya Anda mencatat waktu-waktu menstruasi yang Anda alami . Catatan waktu ini akan memudahkan Anda menghitung dan mempekirakan kapan masa subur diri Anda .

Jika Anda sudah memiliki catatan masa datang bulan , cari persamaan tanggal terjadinya . Jika ada banyak kesamaan dari bulan ke bulan , Anda bisa mengetahui secara pasti kapan masa subur Anda di bulan berikutnya . Biasanya dengan info ini Anda bisa mempekirakan bahwa masa subur berlangsung pada hari ke 10 sampai ke 17 . Sayangnya perhitungan ini hanya berlaku di masa menstruasi yang 28 hari . Bagi wanita yang mengalami siklus menstruasi di luar hitungan ini , Anda harus mengaplikasikan hitungan hari yang berbeda .

Jika Anda merasa kesulitan , banyak website yang menyediakan kalkulator masa subur wanita . Menggunakan alat bantu Anda tidak perlu susah payah memantau dan mencatat pada tanggal berapa Anda mengalami menstruasi . Cukup ingat-ingat kapan terakhir Anda datang bulan dan sisanya tinggal hitung otomatis oleh program .

Guna Penghitungan Masa Subur

Mengetahui masa subur Anda banyak manfaatnya . Seperti yang disinggung diatas , Anda yang ingin cepat hamil dapat memaksimalkan probabilitasnya dengan melakukan hubungan intim intensif di masa subur ini . Sedangkan bagi Anda yang ingin menghindari kehamilan , cukup menjadwalkan hubungan setiap masa subur sudah lewat .

Penghitungan ini sebenarnya juga memiliki keuntungan lain . Misalnya saja belajar siklus datang bulan diri sendiri , mengetahui apakah diri sendiri memiliki siklus datang bulan normal dan bisa mudah mengetahui kesehatan kewanitaan .

Kesimpulan

Mengetahui masa subur ini penting karena ada banyak manfaatnya . Walaupun terlihat sulit , Anda bisa coba hitung sendiri dengan manual atau dengan menggunakan kalkulator masa subur wanita yang banyak beredar di internet . Jika sudah belajar soal masa subur ini , Anda akan lebih mudah mengatur kapan bisa hamil dan tidak . Apapun keputusan Anda , mengetahui masa subur wanita ini banyak manfaatnya .

Updated: Januari 15, 2019 — 8:42 am
My Blog © 2018 Cara Menggugurkan Kandungan